Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Segah terus berinovasi dalam melayani masyarakat. Inovasi terbaru PDAM yakni menerapkan sistem pembayaran atau Billing System bekerja sama Bankaltimtara. Penerapan billing system ini ditandai dengan penandatanganan kerja sama sekaligus Launching Integrasi Billing System antara PDAM Tirta Segah dengan Bankaltimtara Berau.
Direktur PDAM Tirta Segah Saipul Rahman mengatakan, empat hal yang menjadi perhatian pihaknya saat ini. Yaitu kualitas, kuantitas, kontinuitas dan keterjangkauan. Dengan tujuan membuat seluruh masyarakat Berau dapat merasakan air bersih yang merupakan kebutuhan dasar.
“Melalui kerja sama ini tentunya kami ingin terus memudahkan masyarakat atau pelanggan kami untuk melakukan pembayaran tagihan air PDAM,” katanya. Apalagi saat ini keberadaan Bankaltimtara sudah hampir ada di seluruh kecamatan. Sehingga akan memudahkan pelanggan PDAM yang juga tersebar di beberapa wilayah kecamatan.
Dengan begitu, sisi keterjangkauan untuk memudahkan pelanggan PDAM melakukan transaksi pembayaran juga turut semakin meluas hingga ke wilayah perkampungan. “Kami melihat Bankaltimtara ini jangkauannya sudah sangat luas. Karena itu kami ingin memanfaatkan melalui kerja sama ini. Sehingga sama-sama baik untuk kedua belah pihak,” ujarnya.
Dikatakan Saipul, saat ini PDAM Tirta Segah berada pada peringkat 11 PDAM terbaik tingkat nasional. Bahkan tahun lalu peringkat pertama untuk kelas 10.000 hingga 20.000 sambungan rumah. “Waktu itu kita berhasil dengan nilai 3,96. Pada tahun ini saya dapat informasi nilai kita 3,98. Kalau tidak ada yang lebih tinggi dari itu, InsyaAllah kita akan kembali jadi yang pertama,” tuturnya.
Sementara itu, Pimpinan Cabang Bankaltimtara Berau, Haris Harsono menyampaikan terima kasih kepada PDAM Tirta Segah yang mempercayakan sistem pembayaran pelanggan kepada pihaknya. Hal ini disebutnya merupakan langkah sinegritas sesama Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). “Ini sinegritas yang baik sesama BUMD yang nantinya akan sama-sama berdampak pada pendapatn asli daerah Berau,” ucapnya.
Melalui kerja sama ini, Haris mengharapkan bisa semakin menyadarkan pelanggan PDAM untuk taat melakukan pembayaran tagihan tepat waktu. Dengan berbagai kemudahan yang diberikan, seperti melalui agen Laku Pandai hingga SMS Banking. Bahkan, pelanggan yang memiliki rekening Bankaltimtara bisa melakukan pembayaran secara autodebet . “Bisa minta surat kuasa ke kami untuk melakukan pembayaran setiap bulannya. Nanti akan kami potong langsung di rekeningnya,” jelasnya.
Sementara itu, Bupati Berau Muharram mengapresiasi kinerja yang ditunjukan PDAM Tirta Segah sampai saat ini. Dengan pembayaran yang semakin dipermudah, menunjukan bahwa PDAM sudah mulai menyesuaikan diri dengan kondisi saat ini. Dengan adanya kerja sama ini, Muharram berharap membuat pelanggan PDAM rutin melakukan pembayaran secara tepat waktu. “Apalagi ini memberikan kemudahan untuk billing system, jadi masyarakat tidak terbebani,” kata Muharram.
Sumber : berau.prokal.co
Publikasi Berita ini dibuat pada 15/08/2019 oleh Perumda
Kata kunci :