Asal Listrik Tidak Padam, PDAM Berau Pastikan Distribusi Lancar Selama Libur Lebaran

Libur lebaran tinggal beberapa hari lagi, sebagian besar masyarakat Berau dipastikan akan mudik ke kampung halaman. Meski begitu, bukan berarti layanan publik akan terhenti, termasuk Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Segah, memastikan produksi dan distribusi lancar selama libur lebaran.

Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Segah Saipul Rahman¬† mengatakan, hari raya Idul Fitri selama ini memang identik dengan libir panjang. “Walaupun lebaran kami tetap beroperasi. Kami sudah mengatur jadwal operator secara bergiliran, sehingga pelayanan terus berjalan,” tegasnya.

Saipul Rahman mengimbau masyarakat, agar tidak segan menyampaikan keluhan maupun melapor jika menemukan pipa distribusi yang rusak atau mengalami kebocoran.

Saipul Rahman mengatakan, para operator tersebut akan berupaya semaksimal mungkin untuk menanggapi keluhan masyarakat terkait layanan PDAM, termasuk jika ada kerusakan yang menyebabkan kualitas air menurun atau bahkan terhenti.

Pihaknya berharap, selama musim libur lebaran ini, pasokan listrik juga tidak terganggu. Pasalnya, produksi dan distribusi air bersih dari PDAM sangat bergantung pada pasokan listrik untuk menggerakkan pompa-pompa air.

“Kalau (listrik) padamnya sebentar, kami masih bisa mengoperasikan genset. Tapi kalau padamnya lama, bisa menganggu produksi dan distribusi, terutama di IPA (Instalasi Pengolahan Air) di Singkuang dan Sambaliung belum punya genset,” ungkapnya.

Meski demikian, Saipul Rahman menambahkan, IPA Singkuang dan Sambaliung masih terkoneksi dengan IPA induk di Raja Alam, sehingga pasokan air tetap mengalir meski listrik padam, namun debit airnya dipastikan akan menurun.

sumber : tribunkaltim




Publikasi Berita ini dibuat pada 31/05/2019 oleh Perumda
Kata kunci : , ,